Senin, 14 Februari 2011

THE COVE


Semua hewan diciptakan dengan kemampuan dan keunikannya masing-masing, termasuk pula dengan ikan lumba-lumba. Mereka merupakan satu jenis spesies ikan (jenis paus) yang memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa. Mungkin beberapa di antara kalian pernah melihat atraksi mereka dibeberapa sirkus, wahana air (sea world), bagaimana pandainya hewan ini, seakan-akan mereka memiliki kemampuan menangkap semua apa yang dikomunikasikan manusia. Berbagai cerita juga menyebutkan bahwa mereka sering menyelamatkan manusia yang mengalami kesulitan di laut (tenggelam).

Tetapi mimpi buruk bagi mereka ada di sebuah kota bernama Taiji di Jepang. Mereka (lumba-lumba), ditangkap secara massal dan dibunuh (sebanyak 23.000 ekor tiap tahunnya). Dari tengah laut mereka digiring ke sebuah teluk untuk kemudian dipilah-pilah. Untuk mereka yang memiliki kemampuan entertaining yang bagus akan dijual ke seluruh penjuru dunia, ke beberapa sirkus satwa dan juga Sea World. Sementara yang tidak terpilih akan dibantai satu persatu dengan sangat kejam di sebuah teluk yang sangat dirahasiakan.

Film dokumenter ini merupakan sebuah diari seorang aktivis penyelamat lumba-lumba bernama Ric O’barry. Dia bersama beberapa temannya berusaha sekuat tenaga untuk bisa mengabadikan apa yang terjadi di Taiji, membuka mata dunia dan tujuan utamanya tentu saja ingin menghentikan praktek kekejaman terhadap lumba-lumba ini. Tetapi penduduk setempat sangat menutup tempat itu. Taiji merupakan neraka bagi para aktivis animal rights. Berkali-kali para aktivis yang hendak memasuki teluk itu tidak mendapatkan hasil apa-apa karena ketatnya penjagaan dan kerasnya perlawanan penduduk di sana.

Rick O’barry pun tidak menyerah. Berkali-kali ia ke sana dan menyusun strategi untuk bisa menembus teluk rahasia itu. Dia kemudian harus melibatkan beberapa teman (ahli penyamaran, ahli kamera pengintai, ahli menyelam, penantang maut, dan aktivis penyelamat lumba-lumba) untuk bisa mengetahui apa sebenarnya yang terjadi diteluk itu. Kisah seru terjadi ketika mereka (tim) harus mengendap-endap di malam hari seperti layaknya pasukan rahasia, menggunakan beberapa alat canggih dan sangat memacu adrenalin. Lalu apa yang mereka dapatkan dari misi ini? download film ini :p [Ag]

Takepart.com/thecove atau www.savejapandolphins.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar